Simak 7 Faktor Penyebab Tubuh Cepat Lelah

Simak 7 Faktor Mengapa dan Penyebab Tubuh Cepat Lelah

Beberapa orang memiliki masalah tubuh cepat lelah dengan alasan medis atau hanya lelah tanpa sebab medis. Mungkin beberapa dari kita sering mengabaikan atau tidak tahu apa penyebab dari tubuh yang cepat lelah. Di bawah ini beberapa faktor penyebab tubuh cepat lelah.

Faktor-faktor penyebab tubuh cepat lelah

1. Kurang tidur

Kurang tidur menyebabkan kelelahan, dan dapat berdampak negatif pada kesehatan dan kesejahteraan hidup Anda secara keseluruhan. Usahakan untuk tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam, dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi untuk menjaga jadwal Anda.

Pastikan kasur Anda nyaman, ruangannya cukup gelap dan sejuk, dan ponsel serta televisi mati. Jika Anda masih tidak dapat tidur setelah melakukan perubahan pada lingkungan tidur Anda, berkonsultasilah dengan dokter untuk menyingkirkan gangguan tidur.

2. Kurang asupan bergizi
Apa yang Anda makan atau tidak makan dapat memengaruhi seberapa banyak Anda tidur atau tidak. Tidak cukup makan, atau makan makanan yang tidak bergizi bisa menjadi penyebab tubuh cepat lelah.

Baca Juga:  Tiga Produk Minuman Serat Yang Bantu Penuhi Nutrisimu, Fibertine vs Fibershot vs FibreFirst

Jika Anda makan makanan yang menyebabkan tingginya gula darah, segera setelah gula-gula itu turun, Anda merasa lelah. Makanlah makanan yang seimbang, lengkap dengan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein. Hindari atau batasi makanan cepat saji yang tinggi gula.

3. Kurang Serat
Kekurangan serat pada tubuh bisa mengakibatkan Anda menjadi lebih cepat lelah. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung serat tinggi dan imbangi konsumsi protein yang cukup.

4. Depresi
Depresi menyebabkan kesedihan dan kecemasan, dan juga dapat menyebabkan gejala fisik termasuk kelelahan, insomnia, sakit dan nyeri. Orang-orang yang menderita depresi cendrung lebih cepat merasa lelah karena energi yang dikeluarkan bersifat negatif.

Jika Anda atau seseorang yang Anda sayangi mengalami depresi, cari bantuan medis. Depresi mungkin tidak sembuh tanpa perawatan, dan ada banyak perawatan termasuk terapi dan obat-obatan yang dapat membantu mengatasi gejala ini.

5. Kafein berlebihan
Dalam jumlah sedang, kafein memang meningkatkan kewaspadaan dan energi. Namun, terlalu banyak kafein dapat menyebabkan kegugupan, peningkatan denyut jantung atau jantung berdebar,tekanan darah tinggi, kecemasan, dan insomnia.

Baca Juga:  Rekomendasi Minuman Yang Bisa Melancarkan Pencernaanmu: Vegeta, FibreFirst, Flimty dan Yakult

Selain itu, setelah kafein habis, pengguna bisa ‘crash’ dan merasa lelah. Jika Anda minum banyak kopi, teh, atau cola yang mengandung kafein, atau minum obat dengan kafein, Anda perlu secara bertahap menghentikan diri dari minuman, suplemen, atau obat-obatan ini.

Anda mungkin mengalami gejala penarikan jika tiba-tiba menghilangkan kafein sepenuhnya, jadi mulailah perlahan. Pertama, mulailah minum lebih banyak air putih dan lebih sedikit minuman berkafein setiap hari.

6. Diabetes
Diabetes dapat menyebabkan kelelahan dengan gula darah tinggi atau rendah. Ketika gula Anda tinggi, mereka tetap berada dalam aliran darah alih-alih digunakan untuk energi, yang membuat Anda merasa lelah.

Gula darah rendah (glukosa) berarti Anda mungkin tidak memiliki cukup bahan bakar untuk energi, juga menyebabkan kelelahan. Jika Anda adalah penderita diabetes, penting untuk mengelola penyakit Anda.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Minuman Serat Yang Baik Untuk Pencernaanmu: Nutrive Fiber Shot, FibreFirst dan Fibe Mini

Dokter Anda akan sering merekomendasikan perubahan gaya hidup termasuk diet dan olahraga. Anda mungkin juga akan diresepkan insulin atau obat diabetes lainnya untuk membantu Anda mengontrol kadar gula darah Anda.

7. Dehidrasi
Kita semua tahu air memuaskan dahaga, tetapi apakah Anda tahu kekurangan air bisa membuat Anda lelah? Pada saat Anda merasa haus, Anda sudah mengalami dehidrasi. Sementara cairan apa pun akan membantu menghidrasi Anda, air putih adalah pilihan terbaik.

Para ahli merekomendasikan delapan gelas per hari, tetapi Anda mungkin perlu lebih banyak jika berolahraga atau tinggal atau bekerja di lingkungan yang hangat. Jika Anda terhidrasi dengan baik, urin Anda akan jernih atau kuning pucat. Jika lebih gelap, Anda mungkin perlu lebih banyak cairan.

Jika Anda merasakan tubuh cepat lelah, bahkan tanpa aktivitas yang berarti mungkin Anda mengalami beberapa faktor penyebab tubuh cepat lelah di atas, coba perhatikan lagi pola hidup Anda.

Artikelkesehatan.id

Artikelkesehatan.id

Temukan kumpulan informasi seputar penyakit, gejala, penyebab, pengobatan dan pencegahan dari artikelkesehatan.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *