Menu Diet Tanpa Nasi bisa Mengecilkan Perut untuk Pemula

Menu Diet Tanpa Nasi bisa Mengecilkan Perut untuk Pemula

Beberapa jenis diet yang banyak dilakukan, komponen karbohidrat seringkali dieliminasi. Hal tersebut dilakukan guna menunjang program diet untuk menurunan berat badan. Sebagaimana diet keto, diet karbohidrat rendah serta yang lebih spesifik lagi yaitu diet tanpa nasi, diet jenis tersebut bagi sebagian besar orang Indonesia memang cukup menyiksa.

Hal tersebut menjadi wajar karena memang kebanyakan perut orang Indonesia sangat sulit kenyang jika mereka masih belum makan nasi. Diet tanpa nasi tidak selalu mengejar berat badan yang turun, akan tetapi banyak juga yang mengidamkan tubuh bugar. Supaya Anda tidak jatuh sakit ketika menjalankan diet, maka Anda harus mengetahui beberapa tips berikut ini ketika Anda mencoba diet sehat tanpa nasi.

1. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat olahan memiliki kandungan indeks glikemik yang cukup tinggi. Nilai indeks glikemik itu sendiri telah menggambarkan bahwa makanan itu sangat cepat dalam menaikkan kadar gula di dalam darah. Maka dari itu sebaiknya Anda memberi asupan karbohidrat kompleks pada tubuh Anda. Misalnya dengan mengkonsumsi jagung, roti gandum, alpukat kedelai dan juga oatmeal.

Baca Juga:  Rekomendasi Minuman Fiber Terbaik untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh Anda

2. Perhatikan Asupan Kalori

Diet sehat tanpa konsumsi nasi memang akan menghilangkan nasi dari menu saji makanan Anda. Akan tetapi bukan berarti harus mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Ketika Anda sedang menjalankan diet, maka Anda harus memastikan bahwa asupan kalori masih tetap tercukupi. Sedangkan setiap orang pada umumnya untuk 2000 kalori per hari.

3. Pilihlah Minuman Berserat

Banyak konsumsi minuman berserat tentunya sangat membantu dalam proses diet sehat tanpa konsumsi nasi. Sayuran dan juga buah-buahan adalah sumber dari makanan yang mengandung banyak serat. Sedangkan fungsi dari serat sendiri yaitu membantu perut terasa lebih kenyang serta bisa memperlancar pencernaan dan memperlancar BAB.

Sensasi rasa kenyang karena asupan karbohidrat dengan serat tentunya sangat berbeda. Jadi apabila Anda ingin merasakan kenyang karena serat, maka bagi Anda seorang wanita disarankan mengonsumsi 21 sampai 25 gram serat. Sedangkan untuk Anda seorang pria bisa mengkonsumsi serat sebanyak 30 sampai 38 gram.

Baca Juga:  Cara Diet Cepat Menurunkan Berat Badan Secara Alami

4. Olahraga

Tidak akan pernah ada artinya apabila Anda sedang menjalankan proses diet namun tidak diimbangi dengan olahraga. Begitu juga dengan diet sehat tanpa konsumsi nasi masih tetap menyarankan Anda untuk melakukan olahraga. Anda bisa memulainya dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki ataupun berlari.

5. Buat Menu Harian

Berhasilnya proses diet yang Anda lakukan tidak tergantung dari banyak atau sebagainya makanan yang Anda makan. Apakah diet bisa dikatakan berhasil jika Anda sudah konsisten dan disiplin dalam melakukan setiap tahapnya. Jika Anda tidak melakukannya dengan disiplin, maka hal tersebut hanya akan menggagalkan diet Anda. Hal tersebut kostum hanya akan membuat diet menjadi membosankan.

Baca Juga:  Cara Efektif Mengonsumsi Minuman Fiber untuk Turunkan Berat Badan

Maka dari itu sebaiknya Anda membuat menu harian, mulai dari menu sarapan, menu makan siang sampai dengan menu makan malam. Buatlah rancangan tersebut selama seminggu kemudian lakukanlah mix and match untuk menu Minggu yang selanjutnya. hal tersebut bertujuan supaya menu diet Anda tidak monoton.

6. Hindari Ngemil

Niat tanpa mengkonsumsi nasi memang akan membuat Anda lebih cepat lapar. Hal tersebut karena Anda akan kehilangan sumber energi paling besar sehingga perut Anda seolah-olah merasa kenyang. Akan tetapi sepertinya Anda bisa ngemil sembarangan. Asupan kalori Anda harus tetap dikurangi tentunya.

Jika Anda ingin ngemil, maka Anda bisa mengganti camilan yang tinggi kalori dengan buah-buahan. Misalnya menggantinya dengan pisang ataupun pepaya sehingga tidak akan menggagalkan diet Anda.

Semoga diet sehat tanpa konsumsi nasi yang kami sarankan di atas bisa menjawab pertanyaan Anda.

Artikelkesehatan.id

Artikelkesehatan.id

Temukan kumpulan informasi seputar penyakit, gejala, penyebab, pengobatan dan pencegahan dari artikelkesehatan.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *